Tempat Wisata Pelaruga di Daerah Langkat Sumatera Utara

JejakSeru.com - Tempat Wisata Pelaruga di Daerah Langkat Sumatera Utara. Keindahan budaya dan kearifan lokal Indonesia seakan tak ada habis-habisnya untuk dinikmati. Sumatera Utara, provinsi ini memiliki daerah dengan kondisi alam yang sangat indah dan kebudayaannya yang unik, kuno serta amat mempesona. Selain itu, pesona lainnya adalah memiliki beragam satwa liar langka dan eksotis Indonesia.



Salah satu daerah yang memiliki pesona keindahan luar biasa tersebut adalah Kabupaten Langkat. Daerah yang memiliki ibukota kabupaten bernama Stabat ini menyimpan pesona alam dan budaya yang sangat luar biasa. Daerah ini sangat cocok untuk kamu pecinta alam dan petualangan, karena inilah tempat yang tepat untuk melihat bagaimana ekosistem luar biasa.

Foto by @awanvlog via Instagram.

Jaraknya hanya sekitar 40 KM dari kota Medan menjadi nilai tambah dari daerah tujuan wisata yang satu ini. Apakah kamu ingin berpetualang di hutan yang eksotis atau ingin tracking menuju air terjun yang sangat indah di Langkat.

Kali ini tempat wisata yang saya bahas adalah PELARUGA. Pelaruga adalah tempat wisata yang memiliki banyak pilihan berwisata seperti air terjun tongkat, air terjun teroh-teroh dan telaga abadi. Berikut ini adalah keterangan dari tempat wisata pelaruga:


1. Air Terjun Tongkat

Foto by @stephanieyanto via Instagram.

Air terjun Tongkat merupakan salah satu potret keindahan alam Langkat yang mempesona. Sebuah air terjun fenomenal yang terletak di tengah hutan nampak begitu eksotis dan memukau. Air terjun yang sebenarnya bernama Lau Balis ini disebut sebagai air terjun Tongkat karena adanya sebatang pohon besar menyandar pada air terjun menyerupai tongkat.

Air terjun ini menjadi begitu ngehits dan ramai dikunjungi ketika program wisata salah satu televisi swasta nasional mengeksplore air terjun yang cantik ini. 

Foto by @rosatarigan via Instagram.

Air terjun ini terletak dalam wilayah administratif Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Berjarak sekitar 48 kilometer dari kota Binjai, 65 kilometer dari Stabat dan 68 kilometer dari kota Medan. 

Tak mudah untuk mencapai lokasi air terjun eksotis ini. Perjalanan panjang dan melelahkan menjadi harga yang harus kamu bayar. Pertama kamu harus melakukan perjalanan menuju Sungai Bingai. Kemudian ketika bertemu Polres Sei Bingai kamu harus berbelok ke kanan. Sebaiknya kamu rajin bertanya karena petunjuk jalan menuju lokasi ini sangat minim. 

Posko Pelaruga adalah gerbang masuk ke Lokasi. Untuk sampai ke air terjun tongkat, kamu harus berjalan kaki dengan medan naik turun selama kurang lebih 1 jam. Di tempat ini ada 3 lokasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Agar perjalanan kamu berjalan lancar sebaiknya kamu menyewa pemandu wisata lokal dengan biaya Rp30.000 sampai Rp60.000 per orang. Lumayan mahal jadi kamu harus pandai tawar menawar.

Sesampai di lokasi air terjun ini, biaya yang mahal dan perjalanan yang melelahkan rasanya langsung terbayar dengan keindahan air terjun ini. Tak lengkap rasanya jika tak menceburkan diri ke air terjun yang jernih dan bersih ini. Tempat yang sangat alami dan memang belum ada fasilitas apapun. 

Foto by @awanvlog via Instagram.

Persiapan matang harus kamu lakukan untuk melakukan tracking ke air terjun yang super menawan ini. Agak disayangkan, banyak tangan jahil yang membuang sampah sembarangan sehingga keeksotisan air terjun ini terganggu. Untuk itu, bagi kamu yang ingin ke tempat ini jangan lupa jaga kebersihannya.

2. Air Terjun Teroh-teroh

Tak jauh dari air terjun Tongkat, satu lagi air terjun yang amat mempesona. Untuk mencapai air terjun teroh-teroh perjalanan terjal turun naik yang melelahkan terbayar ketika kamu melihat air terjun teroh-teroh yang amat mempesona. Alam selalu menjanjikan sesuatu yang manis. Sesuatu yang manis akan kamu temukan ketika di penghujung sungai yang kamu susuri untuk mencapai si cantik teroh-teroh.

Foto by @setian70 via Instagram.

Nama air terjun teroh-teroh berasal dari Bahasa Karo yang berarti bawah-bawah. Hal ini mungkin karena letak air terjun ini berada di bawah lembah dan tebing. Dengan ketinggian sekitar 12 meter, air terjun ini memiliki pemandian yang amat jernih. Perpaduan suasana alam yang hijau akan memanjakan kamu para pencinta alam sejati.

3. Kolam Abadi

Setelah mencapai air terjun teroh-teroh kamu selanjutnya akan menuju kolam abadi yang super jernih dan bening. Dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin cliff jumping.


Tempat yang cocok untuk kamu yang gemar berenang dan menyelam. Indah dan sangat jernih itulah keindahan aliran sungai yang satu ini.



Jika dirasa bermanfaat silahkan share/bagikan ke temen-temen terdekat kamu dan jangan lupa like fanspage facebook kami dan follow twitter kami agar selalu dapat informasi bermanfaat dari kami.

Peta Lokasi:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Suka

No comments