Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android

JejakSeru.com - Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android. Kali ini saya akan membahas cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Biasanya chat yang ingin kita kembalikan ini bersifat penting, alias chat ini bisa berupa data account, data sekolah atau data-data yang penting lainnya.



Backup dan Restore Chat WhatsApp

Blackberry Messenger hanya akan menyimpan backup chat jika diaktifkan, berbeda dengan WhatsApp yang secara otomatis membackup setiap hari pada pukul 04.00 pagi dan menyimpannya pada folder WhatsApp di memori internal atau kartu microSD smartphone Android. Dengan kata lain, tanpa membuat backup sekalipun, kamu sudah memiliki backup chat WhatsApp.


(Baca : Cara Mengatasi Koneksi Wifi di Android)

Cara Backup dan Restore chat Terbaru pada WhatsApp

Untuk memulihkan backup terbaru, Sobat hanya perlu menghapus dan menginstal ulang WhatsApp. Saat proses instalasi berlangsung, Sobat akan diminta untuk memulihkan riwayat pesan. Pilih Pulihkan untuk memulihkan chat yang terhapus.

Kamu bisa melakukan hapus data aplikasi WhatsApp dan kemudian login kembali. Caranya, Masuk Setting > pilih Aplikasi > pilih WhatsApp > hapus cache > hapus data. Kemudian login kembali dengan menggunakan nomor telepon kamu seperti halnya pertama kali menginstall WhatsApp.

Kemudian jika kamu bingung, "Kenapa sehabis install ulang dan login kembali tidak diminta untuk memulihkan chat"? Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hal ini, namun seperti yang dijelaskan pada situs resmi WhatsApp, bisa jadi karena beberapa hal berikut:

  1. Kartu SD dan/atau file riwayat chatting rusak.
  2. File Backup sudah terlalu tua (WhatsApp tidak dapat memulihkan backup yang sudah terlalu lama).
  3. Sobat menggunakan nomor telepon ataupun microSD yang berbeda dengan nomor ataupun microSD yang digunakan untuk membuat backup riwayat chatting.
Jika sobat mengalami salah satu dari situasi tersebut, WhatsApp tidak akan dapat memulihkan pesan-pesan tersebut.

Cara memulihkan backup versi lama

Selain mengembalikan backup terbaru, kamu juga bisa memulihkan chat pada jangka waktu yang telah lalu. Catatan : sebelum kamu mencoba memulihkan pesan :
  1. Riwayat chatting saat ini akan hilang dalam proses pemulihan.
  2. File yang di-backup hanya untuk 7 hari terakhir.
  3. Semua pesan baru yang dikirim/diterima setelah backup dilakukan, dan dihapus sebelum backup selanjutnya tidak dapat dipulihkan.
  4. Jika kamu menjalankan backup secara manual, backup ini akan menggantikan file backup otomatis yang terbaru.
  5. Pada perangkat terbaru, folder WhatsApp/Database kamu biasanya dapat ditemukan di memori internal ponsel.
  6. Kamu harus menggunakan nomor telepon yang sama pada WhatsApp dengan nomor yang digunakan saat membuat backup riwayat chatting.

Cara Backup dan Restore Manual

Kalau kamu tidak mau menginstal ulang tapi mau mengembalikan chat yang tidak sengaja terhapus, maka sebaiknya kamu secara rutin melakukan backup manual. Catatan: chat hanya bisa dikembalikan jika terhapus setelah backup dilakukan. Memang cukup merepotkan (bahkan menyebalkan), namun ini akan berguna ketika kamu membutuhkan data-data yang ada dalam percakapan tersebut.

(Baca : Cara Mengatasi Game Android Tertutup Sendiri (Close))

Jika kamu merasa ada chat yang penting, lakukanlah backup manual agar terhindar dari resiko kehilangan data.



Cara Backup Manual

Buka WhatsApp > tekan Tombol Menu > pilih setting > pilih Setelan Chat > pilih Backup percakapan.

File backup akan disimpan dengan nama "msgstore.db.crypt7" atau "msgstore.db.crypt8" pada folder /sdcard/WhatsApp/Databases.

Rename file tersebut dengan menggunakan file explorer, sebaiknya disimpan dengan format tanggal dan diikuti dengan crypt7 atau crypt8 atau sesuakan dengan keinginan. Nama File yang berbeda akan memudahkan kamu ketika melakukan proses pemulihan chat.



Cara Restore Manual

  1. Hapus WhatsApp atau hapus data aplikasi WhatsApp
  2. Pilih berkas backup yang ingin dipulihkan.
  3. Rename berkas tersebut dari "nama file backup ke "msgstore.db.crypt7" atau "msgstore.db.crypt8"
  4. Instal ulang WhatsApp.
  5. Saat diminta untuk memulihkan pesan, pilih Pulihkan.

Setelah itu kamu dapat melihat pesan yang sudah dipulihkan. Kalau kamu ingin mengembalikan proses pemulihan seperti sebelum direstore, silakan kamu ganti nama pada berkas backup ke nama yang sebelumnya, dan ikuti cara restore yang pertama.

Tambahan : Jika kamu mau restore chat pada smartphone yang baru, kamu tinggal memindahkan microSD smartphone lama ke 
smartphone baru, lalu lakukan restore seperti langkah di atas. Dengan catatan SIM/nomor yang digunakan masih sama.


Jika dirasa bermanfaat silahkan share/bagikan ke temen-temen terdekat kamu dan jangan lupa like fanspage facebook kami dan follow twitter kami agar selalu dapat informasi bermanfaat dari 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Suka

No comments