Cara Mengatasi Game Android Tertutup Sendiri (Close)

JejakSeru.com - Kali ini saya akan membahas cara mengatasi game android yang sering keluar sendiri. Kondisi seperti ini sering terjadi saat sedang membuka aplikasi game tertentu di hp atau smartphone android. Kondisi semacam ini di sebut force close, tentunya kondisi semacam ini tidak membuat kita nyaman. Sekarang sudah banyak sekali game dengan grafis yang sangat bagus dan membuat kita ingin memainkannya.



Grafis yang bagus biasanya harus di sesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang tinggi pula. Dengan spesifikasi hp yang tinggi akan membuat kita lancar memainkan game-game dengan grafis yang super bagus. Jika game yang memiliki grafis super bagus dimainkan dengan menggunakan hp yang kurang memadai, maka akan timbul game force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba.

(Baca : Cara Membedakan HP Android Asli dan Palsu (Replika))

Beberapa tips berikut ini akan mengurangi gangguan game tiba-tiba close atau keluar sendiri saat dimainkan, tanpa harus uninstal sebagian game atau aplikasi lainnya.


1. Download game langsung dari Google Play Store


Mengapa harus download melalui Google Play Store?
Dengan mendownload sebuah game atau aplikasi langsung melalui Google Play Store dapat menghindarkan gadget atau hp android kita terhindar dari penyebaran virus atau malware yang sengaja atau tidak sengaja dibawa oleh aplikasi tersebut. Dengan begitu, smartphone android kamu akan lebih secure atau terlindungi.


2. Menyesuaikan Spesifikasi Game dengan Smartphone


Salah satu penyebab dari game tidak bisa dimainkan atau sering keluar (close) secara tiba-tiba adalah karena game yang kamu mainkan tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone kamu. Jangan pernah memaksakan untuk memainkan game yang memiliki grafis bagus dengan smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Spesifikasi yang dimaksud adalah processor, GPU dan RAM.


3. Bersihkan RAM Smartphone


Selain dua hal diatas, penyebab lain yang membuat game sering keluar tiba-tiba saat dimainkan adalah karena banyaknya "sampah" pada RAM. Maka lakukanlah pembersihan terhadap RAM smartphone kamu. Saat melakukan pembersihan RAM, pastikan semua aplikasi sudah di tutup terlebih dahulu. Mulailah membersihkan RAM melalui menu Security atau Task Manager.


4. Bersihkan Cache


Jika sampah pada RAM sudah dibersihkan, maka selanjutnya membersihkan cache pada setiap aplikasi atau game. Untuk melakukan hal ini, silahkan masuk ke menu Settings atau Setelan, pilih Aplikasi yang terpasang, buka aplikasi/game yang ingin kamu bersihkan cache-nya, lalu pilih tombol bersihkan atau clear cache. Cara yang mudah adalah dengan menggunakan pihak ketiga, yaitu dengan menggunakan aplikasi Clean Master.


5. Reboot atau Restart Smartphone


Setelah melkukan 4 tahapan diatas, maka selanjutnya kamu dianjurkan untuk me-reboot atau me-restart HP android kamu.. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja tasking smartphone. Jika kamu mengikuti 5 tahapan ini maka kamu akan bisa memainkan game dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Jika dirasa bermanfaat silahkan share/bagikan ke temen-temen terdekat kamu dan jangan lupa like fanspage facebook kami dan follow twitter kami agar selalu dapat informasi bermanfaat dari kami.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Suka

No comments